Mesin CS 250 RE yang digunakan di All New CBR 250R ternyata adalah mesin yang benar – benar baru dan dirancang untuk menjawab tantangan global bahwa mesin sepeda motor harus sporty sekaligus ramah lingkungan.
Powerfull
Sebagai sebuah motor sport CBR 250 R harus bertenaga. Mesin DOHC dengan empat klep sudah lama dikenal sebagai mesin dengan pembakaran yang lebih sempurna karena sudut klep yang sempit menghasilkan bentuk ruang bakar yang kompak, sudut porting ideal ; downdraught intake, sekaligus ukuran klep yang lebih kecil sehingga beban kerja lebih ringan. Hasilnya kompresi dapat diset lebih tinggi dan tenaga puncak diraih pada putaran mesin yang lebih tinggi.
Mesin All New CBR 250R dilengkapi roller rocker arm yang berfungsi menggerakkan klep, valve train rendah gesekan dengan kepala silinder yang lebih kecil sebagai hasil dari pemasangan roller rocker arm yang sangat kompak.
Bobot rocker arm direduksi melalui penggunaan valve tapped berdesain shim, sementara gesekan direduksi dengan menset tegangan per klep pada level yang rendah. Uniknya, shim dapat diganti tanpa harus melepas camshaft.
Lebih lanjut, cylinder sleeve berpermukaan seperti susunan duri halus yang berfungsi memaksimalkan pelepasan panas dari permukaan dalam silinder. Mesin lebih adem sehingga pembakaran yang tak perlu tidak terjadi. Pencetakan ruang bakar dengan casting sentrifugal menjadikan dinding ruang bakar lebih tipis dan ringan namun dengan kekuatan yang tak terkurangi.
Pilihan Bore yang lebih besar dari stroke (76 x 55) menjadikan mesin CBR 250R sangat responsif dan mudah dikendalikan, proporsi bore x stroke sama dengan mesin CBR 1000RR. Hal lain yang dilakukan Honda untuk meningkatkan performa mesin CBR 250R adalah dengan menggunakan batang klep yang tipis dan berkepala lebar sehingga meningkatkan efisiensi intake dan exhaust. Batang klep tipis menjadikan angkatan klep lebih ringan, sementara kepala klep lebar menjadikan sudut buka intake dan exhaust lebih lega serta minim hambatan. Hasil akhirnya mesin berputar dinamis dari RPM rendah ke RPM tinggi tanpa hambatan yang berarti.
Minim Getaran
Poros engkol mesin CBR 250 R dilengkapi dengan tiga buah bearing yang meminimalisasi getaran. Poros engkol tipe built-up memungkinkan desain ujung conecting rod yang besar sehingga dapat berfungsi sebagai roller bearing minim gesekan. bak kopling dilengkapi dengan primary balancer yang berfungsi mempersempit jarak bantalan engkol, sebuah ball bearing dipasang dujung kanan poros engkol.
Ramah Lingkungan
Mesin All New CBR 250R juga dilengkapi dengan sensor oksigen dan sistem induksi udara untuk memaksimalkan campuran BBM dan udara sehingga membentuk gas siap bakar. Sudah tentu saluran buang dilengkapi dengan katalitik konverter yang dipasang di dalam pipa knalpot. Dengan itu semua mesin CBR 250R diklaim memenuhi standar Euro 3 dan Thai stage 6.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar